16 Desember 2008

Bagaimana Memperbaiki Monitor Komputer Sendiri

Kemarin saya mendapat email dari salah seorang pembaca seputar bagaimana memperbaiki monitor TV yang warnanya berubah-ubah.

2008/12/16 Robith Dhomiri :
> Assalamu'alaikum, selamat siang/malam/pagi.
>
> Saya igin menanyakan lebioh jauh tentang monitor yang pada waktu pertama
> dinyalakan warnanya hijau, atau kuning. Tapi kalu sudah agak lama sekitar
> 10 menit, maka warna akan normal kembali. Saya pernah mendengar bahwa kasus
> ini diakibatkan ada IC untuk pengatur warna yang sudah tidak bagus. Apakah
> benar demikian, jika iya, dimana letak IC tersebut. Ataukah hanya sekedar
> permasalahan solderan yang sudah tidak bagus ? terimakasih.
>

Jawaban :


Wa'alaikumsalam Wr.Wb.
Jazakallah tarimakasih,,,, sebelumnya saya sampaikan, atas kunjunganya di blog saya.

Menanggapi pertanyaan mas Robith, dari beberapa kasus dan pengalaman saya juga teman teman saya, sebagian besar kasus/masalah seperti itu terletak pada kondisi solderan,
jadi logika kasaranya seperti ini mas :
Pada saat pertama kali, kita menghidupkan monitor (tv maupun komputer) terus warnanya tidak normal, itu karena ada solderan yang mungkin retak / ataupun lepas, nah setelah 10/15 menit kemudian menjadi normal kembali, karean setelah waktu 15 menit tadi, kondisi PCB / mainboard nya sudah panas, maka memungkinkan solderan yang retak tadi tersambung kembali.
Kenapa solderanya ko bisa rusak ? di mungkinkan karena masalah usia, jadi monitor yang sudah usia laman, kondisi PCB di dalamnya menjadi tidak fit lagi, sehingga menyebabkan solderan rusak / lepas.
Tapi ada cara manual yang mungkin bisa dilakukan untuk mendeteksi apakah benar solderanya, atau memang ada salah satu komponen yang aus? yaiut dengan jalan memukul-mukul monitor tersebut dengan tangan, memukulnya bertahap saja, dengan pelan lalu kalau tidak tampak perubahan pada layar, bisa agak lebih di kerasi lagi. biasanya kalau memang benar solderanya yang rusak, maka akant terjadi perubahan2 pada layar monitor ketika kita memukul-mukul monitor tersebut.
Tapi jika tidak ada perubahan, kemungkinan ada dua hal, 1. solderan rusak/retak 2. ada salah satu komponen yang aus.
Solusinya, Langkah pertama adalah, tetap anda memeriksa seluruh solderan pada PCB, periksa dengan teliti, atau kalau perlu di solder ulang semua kaki-kaki komponenya. Terutama solderan di bagian PCB yang menempel di tabung / di monitornya (biasanya menancap di ujung belakang tabung, PCB ukuranya kecil biasa disebut dengan rangkaian RGB), harus di periksa secara jeli, karena di bagian inilah pengaturan warna pada layar monitor. Dan juga di bagian rangkaian video outpunya. Letaknya di sekitar kabel / konektor yang terhubung ke rangkaian RGB nya. karena sinyal gambar dari rangkaian Video Output kemudian di teruskan di bagian RGB, dan kemudian ditembakan ke monitor oleh katoda nya.
Setelah selesai pemeriksaan dan penyolderan ulang secara cermat, kemudian ujilah monitor anda, dan lihat hasilnya, jika hasilnya masih tetap, ulangi lagi pemeriksaan solderan secara merata (harus jeli dan teliti). Jika setelah di lakukan pemeriksaan beberapa kali hasilnya masih tetap sama. Barulah anda melakukan pemeriksaan kompone, terutama kompone-komponen pengaturan variabel seperti, varco, resistor variabel dll. komponen yang di periksa pertama kali adalah di bagian Rangkaian RGB, karena disinilah biasanya sering terjadi aus / kerusakan pada komponen, dan juga pada rangkaian video outputnya (letak rangkainnya sudah saya sebutkan di atas).

26 komentar:

  1. assalamu'alaikum..

    saya juga mau nanya ni mas..
    monitor komputer saya dirumah makin lama makin redup tu biasanya knp ya mas???
    trus cara benerinya gmn??
    makasih...

    BalasHapus
  2. Anonim -> Mohon menuliskan nama !

    Waalikumsalam,
    Makin lama makin meredup, itu berarti gangguan pada brightness contrass nya, dan itu ada di rangkaian final horizontal. kemungkinan, solderan di daerah tersebut retak, komponen flyback sudah aus, komponen pengaturan brigtness contrass manual sudah aus.

    SOlusinya :
    1. Lakukan penyolderan ulang khususnya di bagian final horizontal, secara merata dan teliti.

    2. Periksa komponen flyback dan komponen pengatutran brightness contrassnya, secara manual,,,

    bagian horizontal terletak di daerah sekitar komponen flyback. (bentuknya hitam besar, ada konektor mengarah ke tabung crt)

    itu saja dari saya, terimakasih sudah berkunjung..

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum..

    aku mau tanya ne mas...
    kenapa monitorku yang bagian bawah saat aku hdupkn CPUnya keluar apinya,,,,??
    tapi kalo CPUnya nggak dihidupkan monitornya oke2 aja,,,
    n nggak keluar api...
    jza kol...

    BalasHapus
  4. @hafidsh1:
    Waalikumsalam...
    Kalau keluar Api, kemungkinan terjadi korsleting...
    Coba di cek aja semua konektor2 nya... baik di bagian luar maupun bagian dalam..

    BalasHapus
  5. asalamualaiku....

    mas sy itu punya monitor tp kalo di nyalain lampu siaganya kedip2 gitu terus kluar bunyi tek..3x kalo dulu saya ganti transistornya bisa tp sekarang kok gak bisa apanya y..?
    tolong di balas di pencilak_an@yahoo.com
    makasih.....
    walaikum salam

    BalasHapus
  6. @anonim:
    Waalikumsalam
    ehm..
    wah saya masih belum bisa mendeteksi kerusakanya..tapi kemungkinan adlah di bagian horizontalnya..lampu indikator menyal aberarti ac matic nya normal.. kemunkinan ada di bagian sumber tegangan tinggi ada masalah.. coba cek aja transistor horizontal dan kmponen2 pendukung di bagian horizontal nya

    BalasHapus
  7. kepyur:
    asssalamualaikum
    terima kasih info tentang letak rgb
    txxxx..................

    BalasHapus
  8. assalamualaikum............
    saya punya monitor merk samsung di onkan langsung mati lagi, lampu on nya sempat nyala danlangsung mati lagi,kerusakannya dimana yah

    BalasHapus
  9. Korseleting bisa...
    Adda Komponen yang bocor juga bisa

    BalasHapus
  10. mw nya ni bosss monitar saya berubah warnanya jdi pelangi. knp ya apa ada pengaruhnya dari nyimpen hp dkt pc. al-y saya pk modem hp dan di simpen di samping pc tersebt. mhon di bls mas y and sklian ksih solusinya. mksh bls-y ke blog saya aja mas. ni almtya www.chugygogog.blogspot.com

    BalasHapus
  11. @CHUGY-GOGOG:
    warna pelangi monitor ada 2 faktor :
    1. faktor eksternal : Pengaruh medan magnet, baik medan magnet bumi (kalau di taruh di lantai), ata di samping monitor ada peralatan yang punya medan magnet (contoh: spiker, magnet dll). Solusinya : Bisa di hilangkan dengan menggunakan magnet juga, yakni dengan menggunakan magnet kemudian digerak2 di depan monitor, di gerak2kan untuk membuang pengaruh magnet di monitornya.
    2. faktor internal : kerusakan pada hardwarenya, maka perlu di cek bagian2 berikut ini :
    a. Kondisi rangkaian RGB dan komponen2 pendukungnya
    b. Defleksi yoke horizontal dan vertikal
    c. Kumparan Degaus
    d. Cincin Tabung
    e. IC Warna

    BalasHapus
  12. asslamu"alaikum..

    mas mo tnya komp saya sering berbunyi chetek2 ketika loading windows.. tp ketika ganti cpu yg lain ga ada maslah..

    mohon pencerahaannya

    wassalam..

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum,
    Mau tanya mas. Saya pakai monitor Analog dengan spec PC P4 VGA onboard OS XP tampilan layar tidak sempurna seperti ombak dan tidak ada gambar. Tapi saat dipasang di PC dengan spec Pentium MMX OS Windows 94 tidak ada masalah, warna terang dan jelas. Masalahnya apaya?

    Terima kasih atas jawabannya dan kalau bisa kirim ke email saya di fathura_pro@yahoo.co.id (mode ngarep=ON).

    BalasHapus
  14. @Anonim : yang bunyi chetek2 itu di monitor atau di CPU nya ? kalao di monitor, biasanya suara ac matic, kalo di cpu, harus di cek lagi...

    @Eka : biasanya di setingan resolusinya... atau kalau tidak , mungkin masih butuh driver VGA nya.

    BalasHapus
  15. assalamualaikum..

    ikutan nanya mas, kasusnya hampir sama seperti yg udah ditanyakan.

    sebelumnya lampu nyala kedip2 cepat, sekitar 5 menit baru relay aktif dan monitor nyala secara normal.

    sekarang lampu indikatornya cuma kedip2 aja cepat, tp monitor gak mau nyala lagi, kira-kira kerusakannya apa ya?

    jazakallah.. :)

    BalasHapus
  16. @anonym: Wa'alaikumsalam...

    Masih terlalu global, coba di gedok2 monitornya..
    apakah ada perubahan (cara manual), jika ada perubahan, maka kerusakan pada solderan yang sudah aus, solusinya bisa di lakukan solder ulang.

    Jika ndak ada masalah dengan solderan, cek aja di bagian driver horizontal, rangkaian relay nya, rangkaian final horizontalnya.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr.wb
    Maaf sblmy mau tny monitor sy mati ktk lg proses pngetikn, ada bau hangus kyky kebakar.Stlh mati sy cba nyalain lg tp layar dimonitor tdk nyala. Dan apkh bnar klo Monitor gak bsa dibenerin.Jzk

    BalasHapus
  18. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh,
    Ya berarti ada kerusakan di rangkaianya.
    Dilihat dulu kerusakanya, tapi kebanyakan kerusakan pada monitor masih bisa di perbaiki semua. karena semua ada sparepartnya.

    BalasHapus
  19. askum..susilo
    nanya nih,klo monitor gambarnya kabur,kira-kira yang rusak apanya ya?thank..

    BalasHapus
  20. @budi

    Kalau kabur, mungkin tegangan screen nya kurang. coba aja di rubah pengaturannya di flyback. atau mungkin juga ini ada masalah di rgb nya monitor.

    BalasHapus
  21. mas mau tanya tgg tampilan komputer saya kok blur /retak2 spt terinfeksi firus ttp tak ada firus 1pun di komputerku............?

    BalasHapus
  22. @Putra :
    Coba di cek konektornya,,, terus di bersihkan monitor komputernya...

    BalasHapus
  23. mikum mas monitor sy warna nya kuning apanya ya

    BalasHapus
  24. dan satu lagi mas nyala nya lama mas itu apanya ya?

    BalasHapus

^_^