14 Mei 2010

Teknologi Flashback Oracle

Hari ini Rabu,3 maret 2010

Jam 8 berangkat ke kantor, absen bentar balik ke kampus....
**kuliah**

sampai kira-kira jam 11.00 Dosenya gak ada, ternyata informasi dadakan kuliah ditunda jam 13.00
yah karena tidak menduga jadwal dadagan, akhirnya kembali lagi dah ke kantor....
**ngerjain tugas**

sampai tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 13.00 siang, (*dalam hati, wah waktunya berangkat ke kampus lagi ini)
**masih ngerjain tugas sambil melamun**

Selang beberapa menit, ada komplain dari lapangan, "DATA HARI INI KOK GAK ADA"
**santai sejenak, seoalah tidak punya beban**

Menjawab "Oh, iya sebentar saya lihatkan" (dengan santai:MODE ON)
**nguprek database oracle**

GluuuddakkkKKKK!!!! Grompyanggggg!!!! Terbelalak KAget setengah tidak Percaya
**mulai grogi dikit nih**

akhirnya kutemukan penyebabnya :
DELETE * FROM PERMOHONAN WHERE TANGGALMOHON='03-MAR-2010'
COMMIT;
**sedikit termenung, dan setengah tidak percaya**

DELETE * FROM PERMOHONAN WHERE TANGGALMOHON='03-MAR-2010'
COMMIT -> Maksudnya adalah, saya telah melakukan kesalahan fatal!!! yang mengakibatkan seluruh data perijinan perusahaan tertanggal 3 maret 2010 telah "SUKSES DIHAPUS" dari database secara bengis dan kejam
**Istighfar**

Terdiam sejenak,,,, merenung dan berfikir untuk menemukan solusinya....
trengtengg...teng teng...
**senang, di ikuti rasa kecewa dan penyesalan**

Solusi pertama, mengkonfirmasi bagian loket untuk meminta backup data perijinan hari ini...
Ternyata Hasilnya Nihil...
**putus asa mode:ON**

Tidak bisa berfikir jernih, akhirnya "ya sudah pak, saya minta berkas permohonan hari ini... biar saya aja yang entri ulang"
**sedikit kepayahan, mengingat dari kemarin malam belum makan.sekarang(13.40WIB)**

Ndak terbiasa ngentri (karena bukan tugas saya), akhirnya kebingungan juga harus mondar-mandir tanya ke loket, gimana ini maksud nya ?
**sembil ber euforia, mencari solusi jitu-dalam fikiran**

Selang beberapa menit kemudian, baru selesai mengentri 1 berkas. Terbelalak gembira, menemukan solusi....
**optimis penuh**

ku buka halaman firefox web browserku di komputer server yang sekarang sedang saya gunakan... saya arahkan kursor ke kotak 'searching google' tak ketikan roollback data oracle
**sedikit panik, tapi masih optimis. Mengingat waktunya sudah sore, dan harus bertanggung jawab dengan data yang hilang. Kalau entri ulang, ada berkas sebanyak 100 map**

Akhirnya teringat dengan mas andree yang ada di jakarta, langsung dah saya aktifkan YM (baca:Yahoo Messengger) ku,, Ah ternyata mas andree online.
**Perkenalan, Mas Andree: Seorang Analyst di sebuah perusahaan softwarehouse yang cukup besar di indonesia. Saya kenal dari forum diskusi ORACLE**

Semakin OPTIMIS, karena baru saja dikasih kata kunci nya... "flashback oracle"
**nahh apa itu ??**

Nah silahkan baca-baca sebentar disini tutorial ringkasnya :http://hotbean.wordpress.com/2009/08/10/teknologi-flashback-pada-oracle/
**girangnya bukan main**

Setelah melalui proses cukup panjang dan rumit, serta asyik dan menarik... Karena saya baru merasakan "ASYIKNYA BELAJAR ORACLE"
**menemukan kata kunci penyelesaian masalah, terus berjuang gak kenal menyerah**

INSERT INTO PERMOHONAN SELECT * FROM permohonan AS OF TIMESTAMP TO_TIMESTAMP('2010-03-03 12:42:30', 'yyyy-mm-dd hh24:mi:ss') where tanggalmohon='03-mar-2010';
**tahukah anda ??**

Yah... Betul sekali Apa yang ada di Dalam Fikiran Anda!!! Script itu yang sudah membantu menyelesaikan permasalahan yang saya hadapi.
**lupa waktu, menengok sudah jam 15.00**

-- sholat asar dulu--

Selesai, kembali lagi ke ruangan kerja saya. Ehmmm Selesai juga masalahnya. Sedikit lega
**Mengucap puji Syukur, Alhamdulillah**

Wah,, akhirnya saya jadi lupa,, saya sudah meninggalkan 1 mata kuliah...
**kecewa atau senang yah ??**

'Ala kulli hal,,
Ku bukak dah facebook nya buat nulis pengalaman tadi siang...
Hingga Anda membaca kalimat yang terakhir ini...
**Tersenyum mode Sinis**


وَقَالَ : كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمِيْزَانِ حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَـانِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lidah, pahalanya berat di timbangan (hari Kiamat) dan disenangi oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, adalah: Subhaanallaah wabi-hamdih, subhaanallaahil ‘azhiim
HR. Al-Bukhari 7/168, Muslim 4/2072

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^_^

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support