16 Desember 2009

Bagaimana agar bisa servis elektro ?


Bismillah,
Apa kabar saudaraku pengunjung weblog makarim ini ? Pada kesempatan ini saya hanya sekedar sharing pengalaman tentang "bagaiamana langkah untuk bisa menservis perangkat elektronik". Untuk bisa memperbaiki alat elektronik itu sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan menakutkan seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Takut malah rusak, takut kesetrum lah, atau bingung ga tau apa-apa. Pada dasarnya yang dibutuhkan dalam "ilmu servis elektro" adalah "KESABARAN" dan "KETELITIAN" serta tentunya punya "ILMU" nya.

Jika anda memang berminat untuk menjadi seorang ahli servis, berikut trips dan triks dari saya:

1. Punya kemauan dan kecintaan terhadap hal-hal yang berbau elektronik, sehingga "elektronik" menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan bagi kita. Kalau saya, sangat hobi sekali dengan "elektronik" sampai-sampai dulu waktu SMP tiap ada waktu luang, pasti di gunakan untuk mengadakan riset dan "oprek" perangkat2 elektronik. Boleh dibilang sampai "mendarah daging" :D (overloading). Maka dari situ akan ada semangat untuk selalu belajar dan mempelajari hal-hal yang bekaitan dengan dunia elektronik.


2. Ada kemauan tentu ada ke inginan untuk belajar. Ya minimal kita mengenal nama-nama komponen elektronik seperti : kondensator, resistor, dioda, transistor, ic dll. Selain mengenal kita juga perlu mempelajari fungsi dari tiap komponen tersebut juga cara kerjanya. Dan hal yang lebih penting lagi adalah kita bisa membaca nilai dari tiap komponen tersebut. Misal resistor bisa membaca nilai resistansi (hambatan nya), kondensator bisa membaca nilai kapasitansinya. Sehingga ketika kita menganalisa sebuah kerusakan dari sebuah rangkain elektronik, kita bisa tau mana komponen yang harus diperiksa yang berkaitan dengan kerusakanya.

3. Bisa membaca rangkaian dan bisa membaca skema rangkaian, Hal ini sangat perlu sekali kita pelajari dan kita pahami. Membaca rangkaian adalah Mengetahui nama bagian pada sebuah rangkaian, sehingga kita tau tiap bagian dan fungsinya. Hal ini sangat penting sekali, ketika tidak ada skema rangkaian yang membantu kita maka kita harus bisa membaca rangkaian sendiri. Semisal kita Membuka sebuah Monitor TV atau komputer, kita harus memahami terlebih dahulu apa saja bagian dalam sebuah monitor TV. Di dalam Monitor TV atau Monitor Komputer ada banyak blog rangkaian, beberapa di antaranya adalah : Rangkaian RF Antena, Dekoder, Ac Matic (powes suply), RGB, Audio, Vertikal, Horizontal, IC Warna, dan masih banyak lagi. Sehingga ketika kita menghadapi sebuah PCB Rangkaian dari Monitor TV / Komputer, kita langsung bisa membaca dan menganalisa tiap bagian-bagianya. Membaca Skema Rangakaian adalah Membaca gambar dari skema rangkaian, yang biasanya berbentuk simbol-simbol dari komponen yang terangkai. Hampir sama dengan membaca rangkaian, hanya saja kalau membaca skema adalah membaca dalam bentuk gambar, sedang membaca rangkaian adalaha membaca secara fisik langsung. Skema Rangkaian akan sangat membantu sekali ketika menservis.

Tiga itu saja yang jadi pegangan ketika kita berkeinginan untuk bisa menservis, Selain itu kita juga harus banyak berlatih, banyak ber eksperimen. Oke itu aja tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat. Kalau anda ingin sharing tentan elektronik bisa email/YM saya di : makarim_susilo
atau kalau jarang online, call / sms aja di no: 085732601910 (makarim). InsyaAllah kita bisa sharing bersama.
Wassalamualaikum,



6 komentar:

  1. di kasih lem biru ... alias lempar trus beli yang baru aja...wakakkakakkakak

    BalasHapus
  2. @Vanfier: Hoi Hoi ....!! Wah ngerusak acara iki...
    Gak mendidik hihihi :D.
    Pie sok tanggal 25 di tunggu traktiranya yah...

    BalasHapus
  3. menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

    Salam dari kami TOKO TOA.

    BalasHapus
  4. menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

    Salam dari kami TOKO TOA.

    BalasHapus

^_^